STANDAR CHECKLIST |
PENGADILAN NEGERI KELAS IB |
|
NO |
PENILAIAN |
KRITERIA |
LOKASI ASESMEN |
EVIDEN |
1 |
Pelaksanaan Pengawasan dan Pembinaan sesuai dengan PERMA No. 7 Tahun 2016 dan SK KMA 071/KMA/SK/2008 tentang ketentuan penegakan disiplin kerja dalam pelaksanaan pemberian tunjangan khusus |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA
- KEPEGAWAIAN,
ORGANISASI DAN TATA
LAKSANA |

|
2 |
Pelaksanaan Pengawasan Melekat dan Pembinaan sesuai dengan PERMA No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA |

|
3 |
Pelaksanaan Pengawasan dan Pembinaan sesuai dengan PERMA No. 9 Tahun 2016 tentang pedoman penanganan pengaduan (whistleblowing system) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA |

|
4 |
Pelaksanaan :
1. PERMA Nomor 1 Tahun 2022 tentang tata
cara penyelesaian permohonan dan
pemberian restitusi dan kompensasi
kepada korban tindak pidana
2.PERMA Nomor 2 Tahun 2022 tentang tata
cara penyelesaian keberatan pihak ketiga
yang beritikad baik terhadap putusan
perampasan barang bukan kepunyaan
terdakwa dalam perkara tindak pidana
3.PERMA Nomor 3 Tahun 2022 tentang
mediasi di Pengadilan secara elektronik |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA |

|
5 |
Pelaksanaan PERMA Nomor 6 Tahun 2022 tentang administrasi pengajuan upaya hukum dan persidangan kasasi dan peninjauan kembali di Mahkamah Agung secara elektronik |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PIDANA
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI |

|
6 |
Persidangan Elektronik / E-LITIGASI sesuai PERMA 7 TAHUN 2022 dan SK KMA 363/SK/KMA/XII/2022 tentang petunjuk teknis administrasi dan persidangan perkara perdata, perdata agama dan tata usaha negara di pengadilan secara elektronik |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PERDATA |

|
7 |
Persidangan Elektronik Pidana sesuai PERMA 8 TAHUN 2022 dan SK KMA 365/SK/KMA/XII/2022 tentang petunjuk teknis administrasi dan persidangan perkara pidana di pengadilan secara elektronik |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PIDANA |

|
8 |
Telah dilaksanakan pembagian tugas antara KPN dengan WKPN serta telah bekerja sama dengan baik |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA
- WAKIL KETUA |

|
9 |
Pengiriman berkas Kasasi dan PK Pidana |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- PANITERA
- PANITERA MUDA
|

|
10 |
Pengiriman berkas Kasasi dan PK Perdata |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- PANITERA
- PANITERA MUDA
|

|
11 |
Pengawasan Bidang |
KEPEMIMPINAN |
- WAKIL KETUA
- HAKIM |

|
12 |
Pengawasan Eksekusi |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA |

|
13 |
Pelaporan Pelaksanaan Eksekusi kepada KPT dalam rangka melaksanakan Surat WKMA Bidang Yudisial Nomor 59/WK.MA.Y/X/2019 tanggal 30 Oktober 2019 Perihal Eksekusi |
HASIL KINERJA |
- KETUA |

|
14 |
Monitoring SEMA Nomor 1 tahun 2011 tentang Perubahan Surat Edaran Mahkamah Agung No 2 Tahun 2010 tentang Penyampaian Salinan dan Petikan Putusan |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PIDANA
- PANMUD PERDATA |

|
15 |
Monitoring Dan Evaluasi SPPT TI sesuai dengan Surat Dirjen Badilum Nomor 2/DJU/HM.02.3/1/2023 tentang perluasan satuan kerja implementasi SPPT-TI |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PIDANA |

|
16 |
Penerapan Restorative Justice |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA |

|
17 |
Publikasi putusan |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- PARA PANMUD |

|
18 |
Pelaksanaan monitoring/pengawasan, evaluasi terhadap keakuratan dan ketepatan waktu pengisian data pada SIPP dan Tindak lanjut hasil pengawasan sesuai Surat Dirjen Badilum No.352/DJU/HM.02.3/3/2021 tentang Akurasi dan Pengendalian Mutu Data SIPP |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- PARA PANMUD
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
19 |
Hakim Pengawas dan Pengamat telah melakukan Pengawasan berkala sesuai aturan ( KUHAP dan SEMA No. 7 Tahun 1985) dan telah membuat laporan hasil pengawasan dan setiap laporan pengawasan sudah dievaluasi serta ditindaklanjuti, telah dilaporkan kepada Pengadilan Tingkat Banding |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM |

|
20 |
Monitoring Administrasi Biaya Perkara |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- KETUA |

|
21 |
Panjar Biaya Perkara
(Surat Dirjen Badilum Nomor 613/DJU/PS.01/6/2020 tentang Pedoman kepatuhan pemberitahuan pengembalian sisa panjar biaya perkara) |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- PANITERA
- PANMUD PERDATA |

|
22 |
Pelaporan Keuangan Perkara dan Komdanas |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
PHI |

|
23 |
Penetapan Majelis Hakim dan PP |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA
- PANITERA |

|
24 |
Kewajiban Hakim untuk memonitor Berita Acara Sidang |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- HAKIM |

|
25 |
Court Calender |
MANAJEMEN PROSES |
- HAKIM |

|
26 |
Pengunggahan dokumen persidangan pada SIPP |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- PARA PANMUD
- PP
- JS/JSP |

|
27 |
Penundaan sidang pada SIPP oleh PP |
MANAJEMEN PROSES |
- PANITERA
PENGGANTI |

|
28 |
Kesesuaian SIPP dengan proses yang berlangsung |
MANAJEMEN PROSES |
- PANITERA
PENGGANTI |

|
29 |
Pelaksanaan minutasi perkara sesuai SOP sesuai SK Dirjen Nomor 21/DJU/SK/OT.01.3/
3/2022 tentang Pembaruan standar operasional prosedur (SOP) kepaniteraan pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- PARA PANMUD
- PP |

|
30 |
Pelaksanaan Delegasi berdasarkan SEMA Nomor 6 tahun 2014 tentang Penanganan Pemberitahuan /Panggilan dan Surat Edaran Dirjen Nomor 5 tahun 2019 tentang Peningkatan Kepatuhan Penanganan Bantuan Panggilan/Pemberitahuan Pada Pengadilan Negeri Pengaju |
MANAJEMEN PROSES |
- PANITERA
- PANMUD PERDATA
- KOORDINATOR
DELEGASI |

|
31 |
Pelaksanaan Delegasi berdasarkan SEMA Nomor 6 tahun 2014 tentang Penanganan Pemberitahuan /Panggilan dan Surat Edaran Dirjen Nomor 5 tahun 2019 tentang Peningkatan Kepatuhan Penanganan Bantuan Panggilan/Pemberitahuan Pada Pengadilan Negeri Pelaksana |
MANAJEMEN PROSES |
- PANITERA
- PANMUD PERDATA
- KOORDINATOR
DELEGASI |

|
32 |
Penanggung jawab Koordinator Delegasi Pengiriman Bukti Delegasi Pemanggilan/Pemberitahuan yang telah dilaksanakan (PN Pelaksana) |
MANAJEMEN PROSES |
- JURUSITA /
- JURUSITA
PENGGANTI |

|
33 |
Implementasi SOP |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS
- PEGAWAI
KEPANITERAAN
- PEGAWAI
KESEKRETARIATAN
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
34 |
Penyerahan berkas perkara inactive dari Panmud Pidana dan Panmud Perdata kepada Panmud Hukum |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- PANMUD PIDANA
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
35 |
Pemberkasan Arsip Perkara yang telah diminutasi sudah sesuai dengan SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum No. 1939/DJU/SK/HM.02.3/10/2018 |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- PARA PANMUD
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
36 |
Kelengkapan Berkas Banding |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PIDANA
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR |

|
37 |
Kelengkapan Berkas Kasasi Pidana (Manual) |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PIDANA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR |

|
38 |
Kelengkapan Berkas Kasasi Perdata (Manual) |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
NIAGA/PHI |

|
39 |
Kelengkapan Berkas PK (Manual) |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PIDANA
- PANMUD PERDATA
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI |

|
40 |
Permohonan kasasi yang telah memenuhi syarat formal selambat lambatnya dalam waktu 14 hari setelah tenggang waktu mengajukan memori kasasi berakhir, berkas kasasi harus sudah dikirim ke Mahkamah Agung (Buku II) |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PIDANA |

|
41 |
Kepatuhan PN dalam pelaksanaan :
1. SEMA 1 Tahun 1987 tentang pengiriman berkas perkara pidana yang terdakwanya berada dalam tahanan
2. SEMA 3 Tahun 1987 tentang permohonan penetapan penahanan oleh MA bagi terdakwa yang berada dalam tahanan
3. SEMA 2 Tahun 1998 tentang permohonan kasasi perkara pidana yang terdakwanya berada dalam status tahanan
4. Surat Panitera MA Nomor 2304/PAN/HK.01/12/2020 tentang Prosedur penyampaian laporan kasasi dan berkas perkara pidana yang Terdakwanya berada dalam status tahanan |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PIDANA |

|
42 |
Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD PERDATA |

|
43 |
Prosedur tata kelola arsip (lakukan uji petik, minimal 10 berkas) |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- PANMUD HUKUM |

|
44 |
Prosedur Peminjaman Berkas |
MANAJEMEN PROSES |
- PANMUD HUKUM |

|
45 |
Pelaporan perkara secara elektronik |
HASIL KINERJA |
- PANMUD HUKUM |

|
46 |
Format putusan sudah sesuai dengan SK KMA No. 359/KMA/SK/XII/2022 tentang Template pedoman penulisan putusan/ penetapan pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding dan 4 lingkungan peradilan dibawah Mahkamah Agung |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- PARA PANMUD
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
47 |
Implementasi SK KMA
2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang Standar Pelayanan Informasi Publik di Pengadilan |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA
- PANITERA
- PARA PANMUD
- PETUGAS PTSP |

|
48 |
Prosedur pelaksanaan permintaan informasi |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA
- PANITERA
- PARA PANMUD
- PETUGAS PTSP |

|
49 |
Pelaksanaan Rapat Evaluasi Kinerja dan Anggaran |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS |

|
50 |
Pencatatan surat masuk/keluar |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- PEGAWAI
KEPANITERAAN
- PEGAWAI
KESEKRETARIATAN
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
51 |
Adanya uraian Tugas masing-masing unit |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS
- PEGAWAI
KEPANITERAAN
- PEGAWAI
KESEKRETARIATAN
*TERMASUK KEKHUSUSAN
TIPIKOR/NIAGA/PHI/
PERIKANAN |

|
52 |
Bimbingan Teknis/Diklat di tempat kerja (DDTK) |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- KETUA |

|
53 |
Layanan Disabilitas di Pengadilan
sesuai SK Dirjen No 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA |

|
54 |
Sarana dan Prasarana untuk layanan Disabilitas di Pengadilan
sesuai SK Dirjen No 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 |
KUALITAS PELAYANAN |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
55 |
Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas |
KEPEMIMPINAN |
- KETUA |

|
56 |
Pengimplementasian core values ASN BerAKHLAK (Surat Edaran Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021)
a.Berorientasi Pelayanan
b. Akuntabel
c. Kompeten
d.Harmonis
e. Loyal
f. Adaptif
g. Kolaboratif |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- KETUA |

|
57 |
Penandatanganan Pakta Integritas |
PERENCANAAN STRATEGIS |
- KETUA |

|
58 |
Manajemen Risiko |
PERENCANAAN STRATEGIS |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- PANITERA
- SEKRETARIS |

|
59 |
Publikasi E-LHKPN dan E-LHKASN |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS
- PEGAWAI
KEPANITERAAN
- PEGAWAI
KESEKRETARIATAN |

|
60 |
Maklumat Pelayanan sesuai Permenpan No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA |

|
61 |
Standar Pelayanan Pengadilan sesuai SK. KMA No. 026/KMA/SK/II/2012 dan Format sesuai Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 |
KUALITAS PELAYANAN |
- KETUA |

|
62 |
Pemanfaatan Ruang Tamu Terbuka sesuai SEMA No. 3 Tahun 2010 dan Surat Edaran Dirjen Badilum No. 1 Tahun 2012 |
MANAJEMEN PROSES |
- KETUA |

|
63 |
Survey kepuasan masyarakat, Survey Persepsi Anti Korupsi dan Survey Harian berdasarkan PERMENPAN No. 14 Tahun 2017 dan SK Dirjen Badilum No.1230/DJU/SK/HM.02.3/4/2021 |
HASIL KINERJA |
- PANMUD HUKUM |

|
64 |
Monitoring Pelaksanaan Tugas Posbakum |
HASIL KINERJA |
- PANMUD HUKUM |

|
65 |
Posbakum |
KUALITAS PELAYANAN |
- PANMUD HUKUM |

|
66 |
Layanan Hukum bagi masyarakat kurang mampu berdasarkan PERMA No 1 Tahun 2014 |
PERENCANAAN STRATEGIS |
- PERENCANAAN, TI
DAN PELAPORAN |

|
67 |
SAKIP |
PERENCANAAN STRATEGIS |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS |

|
68 |
LKjIP |
PERENCANAAN STRATEGIS |
- KETUA
- WAKIL KETUA
- HAKIM
- PANITERA
- SEKRETARIS |

|
69 |
Pengelolaan BMN
Laporan Pengawasan dan Pengendalian (WASDAL) BMN |
MANAJEMEN PROSES |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
70 |
Pengelolaan Kendaraan Dinas dan Rumah Dinas |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
71 |
Pengelolaan Perangkat IT |
MANAJEMEN PROSES |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
72 |
Pengelolaan Website |
KUALITAS PELAYANAN |
- SEKRETARIS
- PERENCANAAN, TI
DAN PELAPORAN |

|
73 |
Perjalanan Dinas |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
74 |
Perawatan dan Pengelolaan Server |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- PERENCANAAN, TI
DAN PELAPORAN |

|
75 |
Penatausahaan Barang Persediaan Dipa 01 dan Dipa 03, Daftar barang ruangan dan Labelisasi barang milik negara |
DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
76 |
Monitoring Uang Persediaan di Brankas Bendahara oleh KPA setiap bulan |
MANAJEMEN PROSES |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
77 |
Pengelolaan SIKEP |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- KEPEGAWAIAN,
ORGANISASI DAN TATA
LAKSANA |

|
78 |
RKP, RKGB dan usul pensiun |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- KEPEGAWAIAN,
ORGANISASI DAN TATA
LAKSANA |

|
79 |
Kontrak kantin (PNBP Kantin) |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- SEKRETARIS
- UMUM DAN
KEUANGAN |

|
80 |
Agen Perubahan |
PENGELOLAAN SUMBER DAYA |
- KETUA
- AGEN PERUBAHAN |

|